Tips Facebook Marketing untuk Bisnis Makanan / Kuliner

Ada jutaan orang Indonesia yang setiap harinya membuka Facebook, dan sangat mungkin dari jutaan itu ada beberapa ribu orang yang tinggal di sekitar Anda. Dengan kondisi ini Facebook bisa menjadi tempat yang sangat menarik untuk melakukan aktifitas marketing ataupun promosi untuk mencari lebih banyak pelanggan lagi untuk meningkatkan omset usaha kuliner yang Anda miliki.

Salah satu cari berpromosi di Facebook bisa Anda lakukan dengan mengumpulkan massa menggunakan Facebook Page. Namun kendalanya terkandang kita bingung apa yang harus kita lakukan dengan Facebook Page tersebut. Dibawah ini saya mencoba berbagi tips bagaimana Anda, terutama yang memiliki usaha kuliner, untuk mengelola Facebook page agar dapat meningkatkan interaksi antara rumah makan Anda dengan konsumen dan juga tentunya agar dapat menarik konsumen baru lebih banyak lagi untuk menjadi pelangan.
4 Tips Facebook Marketing untuk Bisnis Makanan / Kuliner

1. Jangan Hapus Kritik atau Komplain

Tak ada rumah makan atau tempat kuliner yang bisa secara sempurna menyenangkan semua pembelinya. Meskipun rumah makan itu selalu ramai dan makanannya enak selalu saja ada komplain dan keluhan dari pembeli dan ini adalah hal yang wajar. Dan bagi Anda yang mengelola rumah makan atau bisnis kuliner dan menggunakan Facebook sebagai sarana marketing pastinya keluhan ataupun komplain dari pembeli sering mampir juga di Facebook.

Jika itu terjadi biarkan komplain itu tetap berada di sana dan tidak perlu dihapus. Yang perlu dilakukan adalah memberi jawaban yang jujur dan cepat untuk menanggapi keluhan tersebut. Selain itu cobalah untuk menghubungi secara pribadi pembeli yang menuliskan komplain di Facebook rumah makan Anda dan berusahalah untuk memperoleh kepercayaannya kembali. Tujuannya adalah jangan sampai komplain menyebar tidak terkendali di social media yang tentunya akan berdampak buruk bagi bisnis kuliner Anda.

2. Berikan Respon Balik Segera

Mungkin tampaknya sepele, tapi ternyata memberikan respon untuk setiap pesan yang ditulis oleh konsumen atau siapa pun di wall Facebook rumah makan Anda dapat meningkatkan interaksi antara bisnis kuliner Anda dan pelanggan meskipun itu hanya berupa ucapan terima kasih yang Anda berikan.

3. Tunjukkan Kalau Anda Benar-Benar Tahu Apa yang Anda Sajikan

Bisnis kuliner itu banyak yang unik, maka tunjukkanlah keunikan sajian atau menu rumah makan yang Anda miliki. Anda bisa mulai dengan bercerita tentang asal makanan atau minuman yang Anda tawarkan, sejarah atau cerita unik dibalik sajian tersebut, bahkan mungkin resep dari menu yang Anda hidangkan. Informasi yang Anda sajikan bisa berupa tulisan maupun video dan semakin pelanggan Anda tahu bahwa Anda benar-benar ahli dan tahu apa yang Anda sajikan kepada mereka akan membuat pelanggan semakin percaya kepada Anda.

4. Pamerkan Foto-Foto Terbaik dari Usaha Kuliner Anda.

Kata orang 1 gambar itu dapat menyampaikan 1000 pesan. Yang jelas kalau saya melihat gambar makanan atau minuman yang enak saya jadi ingin mencobanya, dan setidaknya begitu juga ribuan orang di luar sana. Ambil gambar terbaik dari setiap menu di rumah makan Anda dan bagikan lewat Facebook. Foto makanan atau minuman yang menarik sangat menggugah selera untuk mencobanya apalagi jika Anda lengkapi dengan informasi promo yang menggiurkan akan semakin menarik orang untuk datang ke tempat usaha kuliner Anda untuk mencoba menu terbaik Anda.

Nah… semoga 4 tips tadi berguna bagi Anda yang memiliki usaha kuliner atau mengelola rumah makan. Jika Anda memiliki tips lain bisa di-share di sini.

Posted on April 3, 2012, in Tips. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: