Keripik Singkong Balado

Ide bisnis camilan tidak ada matinya. Meski bukan sebagai menu utama, camilan wajib hadir di rumah sebagai selingan. Itu yang membuat usaha ini tidak pernah surut.

Tidak terlalu berlebihan jika disebutkan bahwa camilan terfavorit di Indonesia adalah keripik singkong. Sebagai salah satu makanan ringan tradisional yang banyak digemari, banyak produsen melirik keripik singkong dalam kemasan cantik.

Pasar ini pasti sangat potensial bagi pengusaha besar. Tidak perlu upaya keras untuk mengenalkannya karena keripik sudah menjadi camilan sehari-hari. Di pasaran keripik singkong dengan berbagai variasi dan tampilan rasa modern menjadi pilihan yang praktis.

Jenis keripik dan cara mengolah di beberapa daerah kadang-kadang bervariasi. Ada yang membuat keripik singkong yang direbus terlebih dahulu, diparut, hanya diiris biasa, atau direndam air kapur sirih.

Aneka olahan keripik singkong ini dikemas dengan menggunakan kemasan yang cukup menarik sehingga layak dijadikan buah tangan. Sementara di pasaran sekarang banyak beredar jenis keripik singkong dalam bungkus yang menarik menggunakan plastik atau aluminium. Beberapa perusahaan besar mulai membidik pasar keripik ini karena memang pasarnya luas.

Tidak hanya perusahaan besar yang membidik pasar keripik singkong, keripik ini identik dengan oleh-oleh khas daerah. Beberapa daerah penghasil singkong sering menjadikan keripik sebagai buah tangan yang tentu saja bentuk olahannya berbeda di tiap daerah. Di kaki lima dengan menggunakan gerobak keripik singkong siap saji dijual sesuai dengan keinginan pembeli. Penjualan curah keripik singkong tetap punya konsumen tersendiri meski dari sisi keuntungan tidak sebesar dengan menggunakan kemasan. Keunggulan keripik singkong adalah di samping rasanya yang gurih, renyah, juga karena harganya yang sangat terjangkau. Harga singkong yang murah dan mudah didapatkan di mana pun menjadikan keripik singkong berada di mana-mana. Rasa singkong yang netral bisa dipadupadankan dengan aneka bumbu. Bisa juga menggunakan aneka bumbu tabur yang sedang tren.

Memulai Usaha

Keripik ini bisa dibuat siapa pun dengan peralatan sederhana. Namun, mengingat persaingan keripik singkong juga semakin ketat maka harus cerdas dalam memulainya. Dengan peralatan sederhana keripik singkong bisa dibuat sendiri. Keripik singkong rasa balado bisa menjadi pilihan yang cukup bagus.

Agar tidak tampil biasa-biasa saja dan bisa dijual dengan harga relatif mahal, keripik singkong bisa dilapisi bumbu balado. Pilih jenis singkong yang paling banyak berada di daerah Anda. Sebaiknya hindari singkong yang memiliki kandungan air tinggi dan yang terasa pahit. Ada macam macam varietas singkong mulai jenis ketan putih, merah, supit urang, mentega, dan sebagainya. Kadang-kadang nama di tiap daerah berbeda.

Gunakan bahan dari bumbu balado asli yang menggunakan cabai dan gula. Hindari bumbu tabur, karena keripik singkong jadi terkesan umum dan mudah didapat karena banyak beredar keripik singkong yang diberi bumbu tabur. Yang hendak dijual kali ini adalah bumbu balado yang melapisi singkong. Dengan begitu pembeli akan merasa senang dengan lapisan bumbu balado yang asli.

Sebaiknya menjual keripik balado ini di toko oleh-oleh, restoran menengah, atau supermarket. Jadi memang segmen pasarnya lebih diarahkan ke kelas menengah atas.

Pada umumnya keripik singkong dikemas dalam kemasan plastik yang dijual di warung, restoran, swalayan, atau toko kue. Saat ini, banyak pula ditemui pedagang yang menjajakan keripik singkong aneka rasa (asin, pedas, manis, aneka tabur bumbu) dengan gerobak sehingga memberi keleluasaan bagi konsumen untuk membeli. Agar terlihat beda, keripik singkong sebaiknya dikemas dengan kemasan modern yang sudah diberi label sehingga pembeli dengan mudah mengenali merek kita.

Pembuatan Keripik Pedas

Pemilihan bahan baku menjadi kunci. Selalu pilih singkong yang terbaik agar hasilnya juga enak.

Cara Membuat

Kupas singkong dan cuci bersih. Dengan menggunakan alat pengiris, iris tipis keripik singkong. Rendam dalam air berisi garam dan sedikit air kapur. Angkat dan bersihkan. Rendam kembali dalam air. Sementara itu siapkan penggorengan. Goreng irisan singkong sampai kering. Angkat dan tiriskan.

Bumbu Balado

Kupas cabai merah, keluarkan biji. Haluskan bawang putih dan cabai merah. Tumis keduanya sampai harum dan sedikit mengering, masukkan gula dan bumbu penyedap. Kecilkan api dan masak sampai gula mencair dan semua bahan tercampur menjadi satu. Angkat. Dalam kondisi hangat, masukkan keripik singkong dan aduk sampai bumbu balado tercampur dengan baik. Biarkan sampai mengering dan tidak lengket.

Cara Mengemas

Siapkan plastik multilayer yang sudah diberi label atau stiker. Agar tidak belepotan, keripik singkong balado sebaiknya dikemas dalam plastik PE tipis, lalu kemas lagi dalam plastik mulitilayer. Keripik singkong balado siap dijual.

Source: www.surya.co.id

Posted on April 4, 2012, in Bisnis, Kuliner. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: